Angan Rantau

image

Kulihat sekelilingku
Betapa aku adalah orang asing di negaraku sendiri
Terlalu banyak pengejar mimpi disini
Memang,
Kotaku adalah kota impian
Kota harapan
Dan kota kenangan

Mereka datang dengan lantang
Menuju kotaku dengan harapan.
Mereka adalah para pembeda
Pemberani yang mengejar mimpi yang tak akan mati.
Jadi kapan aku akan mulai melangkahkan kaki?

Terbersit tanya,
Mengapa?
Apa aku akan menemukan yang aku butuh
Dengan tetap disini?
Tapi rumahku kan kota impian?
Jadi mengapa harus pergi?

Tapi agama berkata
Merantaulah, kau akan temukan pengganti saudara dan kawan
Bahkan sang Rasul telah mengajarkan
Tuhan, tolonglah,
Mengapa mimpiku terlalu jauh?
Kenapa Engkau memberiku pengharapan?
Kotaku kan kota impian?

I always wondered,
Am I supposed to be here forever?
Meski aku menyayangi kotaku,
Aku ingin sekali sangat merindukannya.

Jogja, April 2016

-khu

Leave a Reply

